Blog

Mengapa Kucing Rumahan Perlu Perlindungan dari Pinjal

Jika anabul kucing kamu jarang bermain keluar rumah, bukan berarti mereka kebal terhadap pinjal. Baca lebih lanjut untuk mengetahui mengapa kucing rumahan juga perlu perlindungan dari pinjal

5 Tempat Kucing Rumahan dapat diserang Pinjal

Meskipun kucing kamu jarang keluar rumah, mereka tetap memiliki risiko terinfestasi oleh pinjal. Berikut ini adalah 5 tempat dimana pinjal bisa menyerang.

#1 Berjemur di Jendela Terbuka

Mungking kamu berpikir ‘jendela aku ada kawat serangga, kenapa harus khawatir?’ Sayang sekali hal itu tidak bisa menghentikan pinjal. Risiko kucing kamu terinfestasi Pinjal akan meningkat jika:

  1. Kamu memiliki jendela dekat lantai/ tanah
  2. Ada semak atau rumput tinggi dekat jendela
  3. Ada hewan liar seperti tikus disekitar rumahmu yang dapat menyebarkan telur Pinjal

Meskipun pinjal tidak bisa terbang, mereka dapat loncat sejauh 33 cm dan setinggi 18 cm. Pinjal dewasa akan mencari mangsa dengan sensor panas dan pengelihatannya. Saat target sudah ditentukan, mereka akan loncat ke mangsa dan mulai menghisap darah. Karena ukurannya yang kecil dan cenderung menempel pada kulit anabul kamu, mereka akan sangat sulit ditemukan

#2 Berjemur di Teras

Hal ini sama dengan jendela dengan kawat serangga. Pinjal dapat masuk melalui lubang yang sangat kecil. Makhluk penghisap darah ini bisa bersembunyi dimanapun, termasuk teras rumah kamu, dimana mereka akan menunggu mangsa lewat. Meskipun pinjal biasa ditemukan di anabul kamu, tapi mereka juga bisa tertarik pada manusia, terutama pada area seperti pergelangan tangan dan kaki kamu.

#3 Melewati Pintu yang Terbuka

 Pinjal sangat tertarik pada hembusan nafas, panas tubuh dan getaran. Jadi tiap kamu membuka pintu, mereka dapat merasakan dirimu dan anabul kamu. Setelah Pinjal masuk ke rumah, mereka akan mulai mencari mangsa dan mulai makan. Jika kucing kamu tidak terproteksi, maka kucing kamu akan sangat mudah terinfestasi.

#4 Bersantai dekat Jemuran Pakaian

Mungkin kamu yang membawa Pinjal ke dalam rumah. Celana atau kaos kaki kotor bekas olahraga dapat menjadi tempat hinggap sementara bagi makhluk kecil tersebut. Pinjal bisa terlihat seperti debu dan pakaian kotor kamu merupak tempat ideal untuk mereka bersembunyi. Pinjal melihat karpet atau bantal tempat kucing kamu tidur sebagai tempat yang menyenangkan untuk bersembunyi.

#5 Bermain dengan Hewan Lain

Apakah kamu punya hewan kesayangan yang diperbolehkan keluar rumah? Atau ada kucing tetangga yang sering datang? Baik hewan tersebut tinggal bersama kamu atau hanya sesekali datang berkunjung, hewan tersebut dapat membawa pinjal ke rumah kamu.

Siklus Hidup Pinjal Susah Dihentikan

Pinjal betina dewasa akan mulai bertelur sebanyak 50 butir, 24 jam setelah makan. Semua betina dewasa akan melalui proses ini. Anabul kita biasanya tidak hanya terinfestasi oleh 1 pinjal, artinya banyak pinjal dewasa yang makan dan bertelur pada anabul kesayangan kamu.

Pada awalnya telur pinjal lengket, tapi setelah kering, dia akan jatuh ke lantai rumah kamu. Telur ini akan melewati 4 tahapan siklus hidupnya selama bersembunyi di sudut lantai rumah kamu. Mereka akan bertambah banyak di dalam rumah kamu. Maka dari itu pinjal dapat menyebabkan masalah besar jika sudah ada di dalam rumah kamu.

Lindungi kucing kamu dari caplak, pinjal, dan ear mites dengan Bravecto® Spot-On Cats. Formulanya bekerja cepat dan bertahan lama sehingga membuat kucing kamu bebas dari caplak, pinjal dan ear mites sampai dengan 12 minggu! Basmi dan cegah infestasi pinjal dengan memberikan Bravecto®