Blog

Cara mengatasi Ear Mites pada Anjing dengan Tuntas

Ear mites merupakan parasit eksternal yang biasa menginfestasi anjing. Pelajari lebih lanjut tips dari kita untuk mengatasi ear mites pada anjing.

Apa Gejala Ear Mites pada Anjing?

Ear mites memiliki nama ilmiah Otodectes cynotis, merupakan parasit yang dapat menginfeksi beberapa hewan, termasuk anjing. Parasit kecil ini sangat menular dan dapat dengan mudah berpindah ke anabul lain di rumah kamu. Mereka dapat berpidah dari satu hewan ke hewan lain dengan kontak fisik. Jika salah satu anjing kamu mengalami infestasi tungau ini, kamu perlu memberikan obat ke semua anabul  kamu yang tinggal dalam satu rumah. Hal ini sangat penting bahkan saat mereka belum menunjukan gejala klinis. Kucing juga sangat rentan terhadap ear mites, jadi waspadalah.

Sekarang kamu pasti berpikir, apakah manusia dapat terinfeksi dengan ear mites? Kabar baiknya hal ini jarang terjadi. Karena jenis parasit yang dapat menyerang manusia berbeda dari ear mites yang dapat menyerang anjing, akan tetapi manusia bisa menunjukan gejala kemerahan pada kulit jika terinfeksi.

Ear mites akan menyebabkan kegatalan pada bagian telinga anjing kamu. Jika anjing kamu menunjukan gejala seperti dibawah ini, mungkin dia menderita akibat ear mites:

  1. Sering menggelengkan kepala
  2. Menggaruk telinga
  3. Telinga meradang dan berwana merah
  4. Kotoran telinga berlebih
  5. Leleran kering berwarna hitam (mirip serbuk kopi)
  6. Ada bau aneh dari telinga

Jika anabul kamu menunjukan gejala tersebut, pastikan untuk membawanya ke dokter hewan. Iritasi telinga dapat disebabkan berbagai macam hal termasuk infeksi bakteri atau kapang dan alergi.

Apabila anjing kamu menderita ear mites dan kamu tidak membawa ke dokter hewan dengan segera, kamu akan membuat anabul menderita dan memperparah keadaan.

Dokter hewan akan menggunakan alat khusus, yaitu otoscope, untuk melihat kedalam lubang telinga anjing kamu, karena akan sangat sulit melihat tungau ini dengan kasat mata. Diagnosa dapat dibuat setelah dokter hewan mengambil sample kulit yang kemudian diperiksa di laboratorium atau mengambil swab dari telinga anjing kamu. Swab tersebut kemudian akan dilihat dengan mikroskop.

Sangat penting untuk mengetahui diagnosa yang tepat karena pengobatan yang efektif dimulai dari dignosa yang tepat. Menghindari kerusakan pada telinga harus menjadi prioritas utama.

Jika memungkinkan lakukan diagnosa awal di rumah. Ambil kotoran telinga dari anjing kamu sedikit kemudian taruh di permukaan yang gelap. Ear mites akan terlihat sekecil ujung peniti berwarna putih yang bergerak-gerak. Gunakan kaca pembesar untuk melihatnya lebih jelas. Namun jika kamu tidak dapat melihatnya, bukan berarti mereka tidak ada sama sekali. Bisa saja sample yang kamu ambil memang bebas dari ear mite.

Anakan Anjing dan Ear Mites

Anakan anjing akan mudah terkena ear mite dari indukan yang sedang menderita tungau tersebut. Ear Mite dapat menyebabkan infeksi pada telingan bagian tengah & dalam saat infestasinya tidak diobati. Bahkan bisa menyebabkan anakan anjing mengalami kehilangan pendengaran dan gangguan keseimbangan.

Tipikal gejala klinis pada anakan anjing sebagai berikut:

  1. Sering menggelengkan kepala
  2. Menggaruk sekitar telinga
  3. Menggarukan kepalanya ke lantai atau furniture
  4. Menangis 

Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti luka pada daun telinga. Kejadian tersebut pada ras anjing yang memiliki daun telinga jatuh kebawah seperti Bassets dan Beagle, akan menyebabkan hematoma, gumpalan darah yang terbentuk akibat trauma pada daun telinga. Telinga anjing akan sangat sensitive dan akan sulit untuk diperiksa. Jika hal ini terjadi, dokter hewan akan melakukan sedasi sebelum melakukan pengobatan. Dokter hewan juga akan meresepkan obat untuk dapat diberikan di rumah.

Apa Saja Pengobatan dari Dokter Hewan untuk mengatasi Ear Mites?

Dokter hewan akan merekomendasikan pengobatan yang terbaik untuk mengatasi ear mites. Bravecto®, baik tablet kunyah atau Spot-On Dogs, merupakan pilihan yang popular dan efektif mengatasi parasit eksternal termasuk caplak, pinjal dan tungau.

Tanyakan dokter hewan kamu mengenai Bravecto® untuk pengobatan terhadap ear mites. Bravecto® sudah diuji dan digunakan serta memberikan perlindungan yang panjang.

Fakta Menarik Tentang Mange dan Tungau

Kennel Club mendefisinikan mange sebagai  ‘infestasi pada kulit anjing yang disebabkan oleh tungau yang dapat menyebabkan kerontokan rambut dan gatal’ 

Ada berbagai macam jenis tungau, beberapa menyebabkan masalah serius. Ear mites pada umumnya menyebabkan masalah akut bagi sebagian spesies hewan. Tiap jenis tungau memiliki karakteristik gejala klinik yang berbeda-beda.

Beberapa jenis tungau yang sering ditemukan pada anjing:

  1. Demodetic mites
  2. Sarcoptic mites
  3. Harvest mites
  4. Ear mites
  5. Cheyletiella

Tiap spesies tungau sangat unik. Rangkaian pengobatan khusu perlu digunakan untuk melawan tiap infestasi. Jangan melakukan diagnosa sendiri. Dokter hewan yang dapat menentukan pengobatan yang tepat dan aman.

Cara Menghilangkan Ear Mites di Rumah Kamu

Jika anjing kamu terdiagnosa memiliki ear mites, kamu harus membersihkan rumah secara tuntas. Ear mites bisa bertahan hiudp 4-6 hari tanpa inang. Mereka bisa bersembunyi di karpet atau sofa sehingga sangat sulit dibersihkan

Dimanapun rambut anabul jatuh, disitu pula ada kemungkinan mereka bersembunyi. Jika kamu tidak mengambil waktu untuk membersihkan rumah, maka ada kemungkinan re-infestasi dapat meningkat secara dramatis.

Untuk memastikan rumah kamus bebas dari ear mites, kamu perlu:

  1. Mencuci alas tidur anabul dengan detergen
  2. Vakum karpet dan lantai rumah
  3. Taburkan powder anti-insektisida (jika ada) ke karpet dan lantai. Pastikan powder tersebut aman bagi hewan dan anak
  4. Vakum kembali karpet dan lantai
  5. Lakukan hal yang sama 2 minggu kemudian

Pastikan untuk melakukan grooming rutin semua anabul anda untuk memastikan tungau dihilangkan. Pastikan anjing dan kucing anda menggunakan Bravecto® setelah itu. Untuk perlindungan panjang, bekerja cepat dan aman terhadapt Pinjal, Caplak dan Tungau, gunakan Bravecto®.