Blog

Mengapa Perlindungan terhadap Caplak dan Pinjal Selama 1 Tahun Penuh Penting?

Kamu pasti menghubungkan caplak & pinjal dengan cuaca yang panas, sayang sekali pada kenyataannya kutu parasit ini dapat menyerang kapan pun, setahun penuh. Baca lebih lanjut untuk mengetahui pentingnya memberikan perlindungan secara rutin dari caplak & pinjal.

Caplak & Pinjal: Bukan Sekedar Masalah saat Cuaca Panas 

Kami tidak suka memberikan kabar buruk ini, tapi hampir semua jenis parasit eksternal yang menginfestasi kucing dan anjing menjadi masalah selama satu tahun penuh, tidak hanya saat musim panas saja. Memang betul caplak & pinjal akan memilih suhu yang hangat seperti saat musim panas atau musim semi, tapi mereka bisa aktif sepanjang musim. Hal ini sangat sering terjadi seperti di Afrika Selatan yang jarang mengalami musim dingin.

Saat suhu udara turun, pinjal akan menjadi lebih sulit ditemukan. Mereka mungkin bisa masuk ke rumah kamu dengan menempel pada tubuh  anjing/ kucing, pakaian, sepatu, atau jemuran pakaian. Siklus hidup pinjal berkisar antara 14- 42 hari, dan Pinjal yang masuk ke dalam rumah kamu, bisa bertahan cukup lama. Hal ini bisa menyebabkan hewan kesayangan kamu mengalami iritasi secara terus menerus. Setelah mereka berinfestasi dirumah kamu, maka akan sangat sulit menghilangkanya bagai mimpi buruk!

Maka sangat penting untuk berinvestasi pada obat anti caplak & pinjal dengan durasi perlindungan yang panjang dan bekerja cepat untuk anjing & kucing kamu.

Risiko Tinggi: Akibat Jika Melewatkan Jadwal Pengobatan Anti Caplak & Pinjal

Melewatkan jadwal pengobatan akan menyebabkan hewan kesayangan kamu menjadi rentan terhadap infestasi caplak & pinjal

Gigitan pinjal dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti:

  1. Gatal, menggaruk berlebihan sehingga rambut rontok.
  2. Anemia, terlebih pada anakan anjing & kucing, dan dapat berakibat fatal.
  3. Infestasi cacing pita.
  4. Menyebabkan flea allergy dermatitis (FAD), yang disebabkan air liur dari pinjal

Jika satu hewan kesayangan kamu sudah terinfestasi dengan pinjal, maka bisa dipastikan hewan yang tinggal dalam satu rumah lainnya juga terinfestasi. Maka jika ada 1 hewan yang terinfestasi, seluruh hewan dalam rumah kamu harus diobati juga.

Gigitan caplak juga merupakan hal yang mengkhawatirkan karena bisa menimbulkan beberapa penyakit. Kita juga perlu mengingat bahwa bukan hanya anjing & kucing yang dapat mengidap penyakit dari caplak dan pinjal, manusia juga bisa. Dengan menjaga hewan kesayangan kamu, kamu juga melindungi dirimu dan anggota keluargamu yang lain.

Bagaimana Pengobatan terhadap Pinjal mencegah Infestasi Cacing Pita

Seperti yang kita bahas diatas, infestasi pinjal pada hewan kesayangan dapat menyebabkan infestasi terhadap cacing pita juga. Anabul yang terkena parasit internal dan eksternal pasti sangat menyedihkan!

Kamu pasti berpikir bagaimana bisa infestasi pinjal dapat menyebabkan Infestasi cacing pita. Apakah kedua makhluk ini berhubungan? Hal ini bisa terjadi jika hewan kesayangan kamu menelan pinjal yang terinfeksi. Betul sekali, cacing pita hidup didalam tubuh pinjal. Kemudian akan bertumbuh di dalam tubuh hewan kesayangan kamu. Setelah itu cacing pita akan menempel pada dinding usus anabul dengan gigi dan bagian tubuhnya yang menyerupai kail.

Cacing pita dewasa memiliki tubuh bersegmen. Bagian buntut memiliki segmen yang banyak. Tiap segmen memiliki ukuran sebesar butiran beras dan cacing dewasa dapat mecapai panjang 15 cm. Seiring berjalannya waktu, segmen tubuh cacing akan lepas. Segmen- segmen tersebut akan keluar lewat sistem pencernaan dan setelah diluar tubuh anabul kamu, segmen tersebut akan melepaskan banyak telur ke lingkungan.

Pada saat ini larva pinjal akan menelan telur-telur cacing pita. Namun, pinjal dewasa tidak memiliki bagian dalam siklus hidup cacing pita. Larva pinjal infektif tersebut akan menjadi dewasa begitu juga dengan telur cacing pada tubuh pinjal tersebut. Anabul kamu secara tidak sengaja bisa saja menelan pinjal terinfeksi saat sedang self-grooming. Saat pinjal itu tertelan, maka telur cacing akan terlepas kemudian menetas dan menempel pada usus anabul kamu saat sudah menjadi cacing dewasa.

Hal ini sangat tidak menyenangkan, tapi kabar baiknya, hewan kesayangan kita tidak bisa menularkan cacing pita satu sama lainnya. Cacing pita harus hidup didalam pinjal terlebih dahulu untuk bertumbuh menjadi dewasa.

Maka dari itu,  memungkinan bagi kita, manusia, untuk terinfeksi cacing pita dari pinjal jika kita tidak sengaja menelan pinjal yang terinfeksi. Maka pastikan mencuci tangan setelah bermain bersama hewan. Beberapa cacing pita bisa menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai ‘hydatid disease’ pada manusia. Kista cacing dapat bertumbuh pada beberapa organ dan menyebabkan penyakit yang serius dan fatal. Penyakit ini susah di kontrol atau diobati. Maka dari itu sangat penting untuk mencegah paparan dari cacing pita dengan memberikan pengobatan terhadap caplak & pinjal secara rutin. Studi menunjukan pengobatan dengan Bravecto® dapat mencegah infeksi dari cacing pita.

Mengapa Bravecto® dapat Memberikan Perlindungan Terbaik Setahun Penuh

Setelah mengetahui semua hal diatas, kamu sadar bahwa anabul kamu perlu perlindungan yang bekerja cepat dan bertahan lama untuk mengatasi parasit eksternal tersebut. Saat ini Bravecto® dipilih karena dapat memenuhi kebutuhan kamu dengan memberikan perlindungan yang tahan lama terhadap caplak & pinjal dibandingkan obat bulanan. Bravecto® juga memberikan tingkat kepuasan sebesar 96% 

Ada tiga produk Bravecto® yang dapat digunakan: dua untuk anjing dan satu untuk kucing. Bravecto® Chew dan Bravecto® Spot-On Dogs memberikan perlindungan selama 12 minggu dari caplak, pinjal, dan tungau hanya dengan satu dosis. Bravecto® Spot-On Cats melindungi kucing kamu dari caplak, pinjal, dan ear mites selama 12 minggu cukup dengan 1 dosis.

Bravecto® membuat hidupmu lebih mudah. Hanya dengan 4 dosis, anabul  kamu terlindungi dari caplak, pinjal dan tungau selama satu tahun penuh!

Fakta Menarik Pinjal
  1. Pinjal dapat loncat secara vertikal sejauh 18 cm dan 33 cm secara horizontal
  2. Pinjal dapat bertahan hidup dilingkungan selama 5 hari dengan suhu dibawah 1°C
  3. Pupa pinjal dapat bertahan hidup selama satu tahun penuh jika terlindung dari dingin dan serangga rumah. Mereka dapat bertahan antara 7-200 hari.
  4. Penyakit lain yang dapat mdisebabkan pinjal: Alergi, cat scratch disease, flea typus, murine typus dan plague